Naskah Lieur


LIEUR
Karya: Ferry Fredilay

(Enam penari masuk ke panggung dan menari namun ditengah mereka menari salah satunya ada yang melakukan kesalahan).
Adit: bagaimana sih kamu, kita sudah dekat dengan hari pementasan kita lalu kenapa kamu masih salah? kamu niat gak sih buat ikut penampilan kita?
Jayadi: maaf. aku niat kok, hanya saja aku sedan tidak fokus hari ini
Dhea: harusnya kamu fokus dong jay, kita kan sebentar lagi tampil kalau begini terus kita bisa memalukan wilayah jawa barat
Fajar: betul, kenapa kamu tidak seperti biasanya sih?
Ferry: mikirin kreditan taplak mejanya kali
Jayadi: tidak
ferry: kamu mikirin mantan kamu ya? yang tinggalin kamu buat yang lain dengan meninggalkan janji-janji manis untuk kamu itu ya jay?
Jayadi: bukan ferry, aku hanya sedang tidak fokus hari ini
adit: bohong kamu jay, aku tidak suka kalau ada orang yang tidak serius dalam latihan, apalagi kita akan mengikuti olimpiade seni dan budaya nusantara, kita ini sudah dipilih dan aku tidak mau membuat mengecewakan semuanya
jayadi: ya tapi aku sedang tidak fokus saja!
adit: kok kamu ngegas?!
ferry: sudah sudah jangan bertengkar
jayadi: aku tidak peduli. aku keluar dari grup ini, selamat tinggal
(jayadi meninggalkan panggung)
adit: dasar tidak berguna
ferry: nah lo nah lo anak orang ditangisin bapaknya punya kumis dicium bau amis
adit: diam!
fajar: sudah kita istirahat aja yuk biar pada gak marah-marah
semua: yuk

BLACK OUT

cepot: Cublak-cublak suweng ,Suwenge ting gelenter (melihat adanya jayadi yang sedang menangis) (menghampiri jayadi) kamu kenapa?
jayadi: tidak-tidak apa-apa
cepot: ah kamu bohong ya?
jayadi: kamu siapa sih? datang-datang sudah SKSD banget
cepot: maaf maaf, nama saya cepot. nama kamu?
jayadi: nama aku jayadi
cepot: ohhh nama mu jayadi, jadi kamu kenapa menangis?
jayadi: aku sedang lieur
cepot: kamu kenapa lieur?
jayadi: aku sedang dilema sekarang, bagaimana tidak? pertunjukan tari ku sebentar lagi akan diselenggarakan,setiap hari aku terus berlatih dan berlatih untuk bisa melakukannya. Namun, tetap saja aku tidak dapat menari dengan maksimal, aku rasa aku tidak akan pernah bisa untuk mengejarnya.
cepot: kamu tau kisah kabayan dan ateng?
jayadi: tidak
cepot: mari ku tunjukkan padamu

BLACK OUT

(ateng masuk diikuti kabayan, mereka saling mencuri pandang dan tiba-tiba ada musik five minutes-semakin ku kejar semakin kau jauh) (mereka saling bekejar-kejaran) (music stop)
kabayan: ateng tunngu atuh, akang cape teng
ateng: ihhh ayo akang ayan, kejar ateng atuh
(musik bermain lagi) (musik stop) (kang cilok masuk)
kang cilok: a cilok a
kabayan: ente a
kang cilok: neng gelis, cilok neng
ateng: ente a masih kenyang
kang cilok: ihhhhh saya mah heran, hari gini gak mau beli cilok, padahal mah cilok is aci dicolok
(kang cilok keluar panggung) (musik lanjut) (tiba-tiba musik stop) (kang sol masuk)
kang sol: a sol a
kabayan: ente a sepatunya belom jebol
kang sol: jih, justru disol dulu a biar gak jebol, kan abis ini aa mau ngejar ateng lagi
kabayan: ya sudah deh a boleh disol
(kang sol membawa lari sepatu kabayan)
kabayan: eh eh mau kemana itu, kembaliin dulu atuh sepatu saya, eh budak sia
(musik kembali lanjut)
(musik berhenti)
kabayan: ateng, akang cape neng istirahat dulu ya neng
ateng: ya akang mah, eneng lagi seru ini kang
kabayan: iya akang tau tapi akang cape neng
ateng: ya susah sih, akang kena faktor U kayaknya kang
kabayan: apa itu faktor U
ateng: Uzur
kabayan: ih eneng, enak aja ngomong begitu, begini-begini akang masih umur 8 tahun neng
ateng: iya akang
kabayan: yaudah atuh sini neng
ateng: tarik dong akanggg
kabayan: ihhh eneng manja
(mereka duduk bersama)
kabayan: eneng, kok gelis pisan euy
ateng: ah bisa aja siakang ayan mah
kabayan: ihh akang serius neng, eh iya neng akang punya sesuatu nih buat eneng
ateng: apa itu kang?
kabayan: eneng tutup mata dulu atuh (ateng tutup mata) tadaaaaa, cilok buat ateng yang aku sayang, sini akang suapin
ateng: enak kang
kabayan: eneng tau gak kenapa obat itu pahit?
ateng: apa tuh kang?
kabayan: karena yang manis itu cuma ateng
ateng: tapikan obat sirup manis kang
kabayan: eneng tau kenapa matahari sama bulan itu terpisah?
ateng: apa itu kang?
kabayan: karena yang bersatu itu hanya kita neng
ateng: ahhhhhhh akang ayan bisa ajaaa
kabayan: younglex beli kain, terus beli loceng, kawin yuk neng
ateng: ayuk kang
(kabayan dan ateng meninggalkan panggung)

BLACK OUT

cepot: gimana a?
jayadi: bagus bagus
cepot: apanya a yang bagus?
jayadi: baju sikabayannya
cepot: bukan itu a
jayadi: lalu apa?
cepot: aa itu harus terus berjuang, sama kayak kabayan yang terus ngejar ateng dan akhirnya bahagia kan?
jayadi: iya mereka bahagia
cepot: itu berlaku juga untuk kamu a, kamu harus terus kejar latihan mu, jangan nyerah a. sudah saatnya aa kembali dan tampilkan yang terbaik a
jayadi: hmmmmm baiklah aku akan kembali, nuhun cepot
cepot: mangga mangga

BLACK OUT

(jayadi menghampiri rekan-rekannya yang sedang latihan)
ferry: itu si jayadi
dhea: mana?
jayadi: hai kawan-kawan
(adit langsung memeluk jayadi)
adit: maaf ya jayadi aku sudah membuat mu sakit hati
jayadi: iya dit, tidak masalah kok
dhea: cieeee baikan cieeee
adit: diam! ayo kita mulai lagi latihannya
(mereka latihan menari sampai selesai)

TAMAT


Komentar

Postingan Populer