naskah Culture changed the world

CULTURE CHANGED THE WORLD


gihon: "hari yang membosankan"
(berjalan keluar dari kelas)
(berjalan menuju taman)
anisa: "kamu kenapa hon?"
gihon: "tidak apa-apa aku hanya tidak mood hari ini"
anisa: "ada masalah dirumah?"
gihon: "tidak hanya saja aku tidak senang dengan hari ini"
anisa: "kamu sudah makan?"
gihon: "belum"
anisa: "ya sudah ayo ke kantin"
gihon: "oke"
(mereka berdua ke kantin)
anisa: "sudah kamu pesan dulu makanannya"
gihon: "oke"
(gihon memesan makanan dengan muka yang cemberut)
(anisa menunggu di meja)
(tidak lama gihon kembali dengan semangkuk soto lengkap dengan nasi dan bahan pelengkap lainnya)
gihon: "kamu tidak makan nis?"
anisa: "tidak tadi aku sudah makan kok. kamu makan saja"
gihon: "oke"
(gihon melahap sotonya)
anisa: "sudah hon?"
gihon: "sudah"
anisa: "coba kamu ceritakan kenapa kamu gak mood hari ini?"
gihon: "oke. tadi aku hampir terlambat karna ayah ku yang marah-marah mulu sama aku"
anisa: "lalu?"
gihon: "lalu aku jadi badmood seperti sekarang ini"

(scane 2)
jayadi: "gihon! kamu ini ya! kenapa kamu malas akhir-akhir ini dalam belajar?! kamu sebagai anak pertama harus menjadi contoh hon! adik-adik mu jadi ikutan malas-malasan karna kamu hon!"
gihon: "aku tidak salah ayah. mereka saja yang malas!
jayadi: "gihon! kurang ajar kamu hon!"
gihon: "ayah yang kurang ajar! sudah aku mau sekolah saja!"
jayadi: "gihon!"
(gihon pergi meninggalkan ayahnya)
(ia bertemu ibunya di teras rumah)
adel: "kamu kenapa hon?"
gihon: "tidak kenapa-kenapa bunda. sudah ya aku mau berangkat sekolah"
adel: "ohhh oke. hati-hati sayang."
(gihon bergegas ke sekolah)

(scane 3)
jayadi: "gihon! baju apa yang kamu pakai itu? kamu jangan malu-maluin ayah! cepat ganti!"
gihon: "ayah. ini baju baru aku! ini bagus ayah!"
jayadi: "tidak! ini terlalu ketat gihon! cepat ganti!"
gihon: "kenapa sih ayah selalu saja marahin aku? aku tidak salah ayah! ayah jangan bodoh!"
jayadi: "gihon! jaga omongan kamu!"
(gihon meninggalkan ayahnya menuju ke kamar)

(scane 4)
(gihon di taman)
meilani & wirani: "hai gihon"
gihon: "oh hai"
wirani: "kamu kenapa hon?"
gihon: "tidak apa-apa wir"
meilani: "bohong ae kamu hon. udah cerita aja"
gihon: "oke. aku bakal cerita. sudah sebulan terakhir ini aku selalu di marahi oleh ayah ku karna aku yang malas lah, suka pakai pakaian yang ketat lah dan suka berkata kasar. padahal itu kan gaya anak muda zaman sekarang kan?"
wirani: "ya pantas saja ayah mu marah hon"
gihon: "maksudnya?"
wirani: "kamu tau tidak hon, ayah kamu itu marah karna dia perhatian sama kamu hon. ayah mu tidak mau kamu menjadi buruk dan terbawa arus globalisasi. kamu harus tau hon, zaman dahulu budaya dalam berpakaian, tingkah laku dan tutur kata itu sangat kental dengan budaya timur yang sopan. kamu boleh mengikuti globalisasi tapi kamu jangan samapi terbawa oleh efek negatifnya hon."
gihon: "oh  gitu ya? thanks ya wirani"
meilani: "oiyah hon kita sebagai generasi muda harus melstarikan budaya kita didalam ke modernan ini hon."


tamat

Komentar

Postingan Populer